Rabu, 23 Agustus 2017

PRODUK KERAJINAN BAHAN LUNAK

  1. Pengertian Kerajinan Dari Bahan Lunak
   Kerajinan bahan lunak adalah suatu produk kerajinan yang menggunakan bahan bersifat lunak sebagai dasar pembuatannya.

      Jenis-jenis bahan lunak

   Bahan lunak terbagi ke dalam dua jenis yakni bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

      A. Bahan Lunak Alami

Gambar terkait   Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam. Cara pengolahannya pun alami tidak dicampur dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami : Tanah liat, serat alam, dan kulit hewan. Seperti pada gambar di samping.


      B. Bahan Lunak Buatan
Hasil gambar untuk gambar kerajinan bahan lunak buatan
   Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Contoh : Bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan lain-lain. Seperti pada gambar di samping.


   2. Fungsi Produk Kerajinan Bahan Lunak

   Fungsi produk kerajinan dapat dibedakan menjadi dua yaitu fungsi karya kerajinan yang digunakan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias. Seni kerajinan itu sendiri adalah sebuah karya seni yang tercipta dari tangan-tangan terampil manusia dan juga merupakan simbol serta identitas budaya yang tak ternilai harganya.

   Kerajinan itu sendiri juga merupakan aset budaya sekaligus juga aset pariwisata. Produk kerajinan mempunyai peran yang tidak sedikit dalam upaya mendongkrak perekonomian rakyat dan kunjungan wisatawan. Produk-produk kerajinan khas daerah-daerah Indonesia sudah mendapat tempat di hati para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

       A. Produk Kerajinan Bahan Lunak Sebagai Benda Pakai

   Produk kerajinan bahan lunak sebagai benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana. Sebagai benda pakai, produk karya kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung. Contohnya guci tanah liat sebagai wadah menyimpan sesuatu, Sabun yang digunakan untuk mandi, dan lain sebagainya.

       B. Produk Kerajinan Bahan Lunak Sebagai Benda Hias

   Produk kerajinan bahan lunak sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan atau elemen estetis. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan. contohnya vas bunga, gorden, hiasan dinding dan lain-lain.

   3. Aneka Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak

   Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.

       A. Kerajinan Tanah Liat

   Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa ( dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir ). Contoh : gerabah, vas bunga, guci, piring. Indonesia memiliki aneka ragam kerajinan keramik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas pada keunikan bentuk teknik hingga ragam hias yang di tampilkan.


Hasil gambar untuk kerajinan tanah liat

       B. Kerajinan Serat Alam

   Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Sebagian besar, pembuatan kerajinan dari serat alam adalah dengan cara mengayam.

Hasil gambar untuk kerajinan serat alam

       C. Kerajinan Kulit

   Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintesis. Contoh : tas, sepatu, dompet, jaket, wayang. Kulit yang digunakan adalah kulit hewan, yaitu sapi, kambing, kerbau, buaya dan lain-lain.

Hasil gambar untuk kerajinan kulit

       D. Kerajinan Gips

   Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri dari jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral berupa karbonat, borat, nitrat, sulfat. Secara umum, untuk membuat produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

Hasil gambar untuk kerajinan gips

       E. Kerajinan Lilin

   Pembuatan kerajinan dari lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan semua orang. Jika kita mau mengubah bentuk menjadi benda kerajinan yang unik, kita perlu melakukan pencairan dengan proses pemanasan di atas api.

Hasil gambar untuk kerajinan lilin

       F. Kerajinan Sabun

   Kerajinan dari sabun sangat unik. Sabun dapat diolah dengan 2 cara. Cara pertama yaitu membentuk sabun, seperti memarut, mencairkan.

Hasil gambar untuk kerajinan sabun

       
   


3 komentar:

Analisis SWOT

1. Pengertian SWOT     SWOT sebenarnya adalah sebuah singkatan dari kalimat berbahasa inggris yaitu :     - Srtrengths yang berarti kekuat...